WASPADA ! PENYEBAB TELAT DATANG BULAN (HAID = MENSTRUASI)

Rabu, 26 Maret 2014

Haid adalah darah kotor dan selaput lendir rongga rahim yang terlepas dengan sendirinya akibat perubahan kadar hormon estrogen dan progesterone, yang akan keluar dari rahim melalui liang vagina.

     Setiap wanita pasti akan mengalami menstruasi pada setiap bulannya. Siklus haid yang lancar setiap bulan tidak sama pada setiap wanita, karena siklus tiap wanita berbeda-beda. Biasanya siklus menstruasi akan berlangsung selama kurang lebih 28 hari dan ada juga yang hanya belrangsung hanya 21 hari atau sekitar 3 minggu atau bahkan juga bisa mencapai 40 hari. Hal tersebut masih dianggap normal jika dalam sebulannya itu tetap mengalami haid.

Datang bulan atau haid merupakan perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Tapi banyak wanita yang mengeluh karena siklus menstruasinya tidak teratur. Ada yang sering telat atau masa haidnya berlebihan. Ketika wanita mulai berusia remaja hingga usia produktif gangguan hormon-hormon di atas bisa mereka alami. Gangguan hormon yang terganggu berdampak pada siklus menstruasi mereka.

Berikut beberapa penyebab terjadinya telat datang bulan :
1.     Hamil
Faktor inilah yang biasanya menjadi hal utama dalam pikiran orang setiap telat datang bulan. Sebaiknya jika anda adalah wanita yang sudah berumah tangga, lebih baik cek dengan alat tes kehamilan. Apakah benar positif hamil atau negative. Jika ternyata hasilnya negative, banyak penyebab lainnya yang menyebabkan telat datang bulan.

2.     Kontrasepsi
Berbagai bentuk kontrasepsi juga bisa mengakibatkan siklus haid Anda tak teratur. Penggunaan pil KB juga bisa menyebabkan pendarahan hanya sedikit atau bahkan mengakibatkan pendarahan berat. Selain itu, pemberian suntikan untuk kontrasepsi pasca melahirkan juga bisa menyababkan haid tak teratur.

3.     Stress
Stres merupakan penyebab utama haid tak teratur. Tugas Kuliah atau pekerjaan yang menupuk, masalah percintaan yang menyebabkan stres bisa mempengaruhi siklus haid. Kelenjar adrenal mengeluarkan hormon kortisol yang berdampak langsung terhadap hormon estrogen dan progesteron. Jika ingin haid teratur, maka sebisa mungkin hindari stress.

4.     Rokok
Bagi para wanita yang sering merokok, sebaiknya dihentikan. Ketahuilah bahwa rokok bisa menyebabkan haid Anda menjadi tidak teratur. Rokok juga tentunya bisa menimbulkan gangguan kesehatan lainnya, seperti jantung, kanker payudara, gangguan janin, dan lain sebagainya.

5.     Kenaikan dan Penurunan Berat Badan
Kenaikan berat badan yang signifikan menunjukkan adanya gangguan tiroid. Gangguan tiroid ini sangat umum terjadi pada wanita dan bisa menyebabkan kenaikan berat badan, siklus tak teratur, lesu, dan lain sebagainya. Selain itu, berat badan berlebih juga menandakan terjadinya penyakit ovarium polikistik yang merupakan masalah hormonal. Bukan hanya kenaikan berat badan, penurunan berat badan yang signifikan juga bisa memyebabkan haid tidak teratur.

6.      Konsumsi obat.
Jika Anda sedang mengkonsumsi obat atau sedang dalam masa pengobatan, hal ini juga akan memengaruhi siklus menstruasi.

7.     Pra Menopause.
Kondisi ini adalah saat transisi antara usia produktif ke non produktif. Menopause adalah sebuah masa dalam hidup wanita, di mana ovulasi tidak terjadi lagi. Kondisi ini juga bisa disebabkan karena faktor lain, seperti efek dari operasi dan kemoterapi. Menopause banyak terjadi pada wanita yang memasuki umur lanjut usia. Masa transisi biasanya haid menjadi tidak teratur.

Dari penyebab telat haid diatas, pernahkah anda mengalaminya? Haid yang tidak teratur bisa menjadi tanda ada gangguan kesuburan. Progesteron dan estrogen berfungsi mematangkan sel telur yang keluar tiap bulan saat ovulasi. Oleh karena itu, para wanita disarankan untuk mengetahui kondisi siklus haidnya. Jangan menganggap enteng hal ini karenba bisa berdampak negatif. Mulailah dari sekarang untuk mencegah Terjadinya Telat Haid.

Trimakasih …

Semoga Bermanfaat J

0 komentar: