MAKALAH EVOLUSI

Kamis, 02 Januari 2014





EVOLUSI

  • EVOLUSI adalah proses perubahan secara berangsur-angsur (bertingkat) dimana sesuatu berubah menjadi bentuk lain (yang biasanya) menjadi lebih kompleks atau rumit ataupun berubah menjadi bentuk yang lebih baik. (wikipedia.org). Di dunia ini banyak sekali ragam hewan dan tumbuh tumbuhan yang diperkirakanada dua juta spesies. Keadaan tersebut mendorong para ahli untuk  berusaha mengetahui penyebab terjadinya keanekaragaman spesies tersebut. Sejak abad ke enam sebelum masehi, para ahli sudah mencoba mengemukakan pendapatnya tentang alam. 
  • Evolusi biologi mencakup dua peristiwa, yaitu: 
  1. Evolusi anorganik merupakan evolusi mengenai asal-usulmakhluk hidup yang ada di muka bumi, berdasarkan fakta dan penalaran teoritis. 
  2. Evolusi organik (evolusi biologis) merupakan evolusi filogenetis, yaitu mengenai asal-usul spesies dan hubungan kekerabatannya.
    Para ahli ini menyatakan bahwa makhluk hidup senantiasa mengalami perubahan secara berangsur angsur dalam waktu yang sangat lama.
    A. Teori adaptasi oleh Jean Baptiste Lamarck 
    Lamarck berpendapat bahwa perubahan yang terjadi pada organ hewan disebabkan karena beradaptasi dengan perubahan dia alam sekitarnya.(Hartosujono,77). Idenya mengenai evolusi, di tuangkan di dalam buku berjudul "Philosophic zoologique". Dalam buku tersebut, Lamarck mengungkapkan :
    •  Alam sekitar/lingkungan mempunyai pengaruh pada ciri-ciri atau sifat yang diwariskan : 
    1. Ciri-ciri/sifat tersebut akan diwariskan kepada keturunannya.
    2. Organ yang sering digunakan akan berkembang, sedangkan apabila tidak digunakan akan mengalami kemunduran bahkan hilang. 
    Contoh : Lamacrk berpendapat bahwa dahulu, jerapah memiliki leher yang pendek. Bagi keturunan jerapah yang dapat beradaptasi baik dengan lingkungan (dapat mengambil makanan di pohon yang tinggi),  leher jerapah akan berkembang menjadi lebih panjang. Jerapah yang telah beradaptasi menjadi leher panjang tersebut, akan mewariskan sifat-sifat kepada keturunannya. Namun sebaliknya, bagi keturunan jerapah yang tidak dapatberadaptasi baik dengan lingkungan, maka ia akan mengalami kemunduran.


    B. Teori adaptasi oleh DARWIN
    Tokoh evolusi yang pertama yang pendapatnya tentang evolusi diterima oleh dunia ilmu pengetahuan adalah charles robert Darwin.(hartosujono,77). Charles Darwin juga menerbitkan buku mengenai asal mula spesies pada tahun 1859, judul "on the ofiginof species by means of natural selection" atau "the preservation of favored races in the struggle for life". Mengenai Evolusi, Darwin berpendapat:
    1. Yang menjadi dasar evolusi organik bukan dari adaptasi lingkungan, melainkan karena seleksi alam dan seksual.
    2. Seleksi alam berupa "pertarungan" dalam kehidupan, yang kuat akan terus hidup.
    3. Setiap populasi berkecenderungan untuk tumbuh banyak karena proses bereproduksi. 
    4. Untuk berkembang biak, diperlukan adanya makanan dan ruang yang cukup. 
    5. Bertambahnya suatu populasi tidak berjalan terus-menerus. ]
     
    •  Lamack vs Darwin
    Mereka berpendapat mengenai jerapah berleher panjang
    Lamarck : Semula, jerapah berleher pendek, namun karena beradaptasi dengan lingkungan (selalu memakan dedaunan di pohon yang tinggi), maka lehernyapun menjadipanjang.
    Darwin : Dalam populasi, ada jerapah berleher pendek, dan ada yang berleher panjang. Dalam kompetisi untuk mendapatkan makanan, jerapah berleher panjang lebih unggul daripada jerapah berleher pendek, sehingga populasi yang sampai sekarang masih dapat kita lihat adalah jerapah berleher panjang.

    C.    Bukti-Bukti Adanya Evolusi

    1. Bukti Fosil Jasad hewan atau tumbuhan purba yang terkubur di bawah tanah. Lapisan tanah dan batuan menutupinya sehingga tekanan meningkat. Lapisan paling bawah didorong ke dalam batuan yang secara sempurna mengawetkan menjadi fosil. Dari umur batuan, dapat diperkirakan waktu hidup mereka. Tulang dinosaurus, jejak kaki, bahkan embrio ichtyosaurus dalam perut induknya, berhasil ditemukan. 
    2. Bukti Molekuler Hampir semua organisme yang ada di bumi ini memiliki DNA. DNA bukan hanya pembawa kode genetik bagi organisme, tetapi juga merekam sejarah evolusi didalamnya. Dengan mempelajari molekul DNA ilmuwan dapat memperkirakan seberapa dekat hubungan kedua organisme tersebut. Banyak perbedaan DNA diantara dua spesies menunjukan lamanya waktu masing-masing spesies berevolusi dari bentuk asalnya. 
    3. Homologi Dua organ tubuh dikatakan homolog, apabila mempunyai asal sama (secara embrilogik), tetapi fungsi dan bentuknya berbeda. Contoh : alat gerak manusia dan sirip ikan. (memiliki bentuk rangka yang sama, namun berbeda fungsinya). 
    4. Analogi Merupakan kebalikan dari homologi, yaitu mempunyai asal yang berbeda, namun memiliki fungsi yang sama. Contoh : sayap kupu-kupu dengan sayap kelelawar (memiliki bentuk rangka yang berbeda, namun memiliki satu fungsi yang sama, yaitu untuk terbang)
    5. Embriologi Perbandingan Merupakan hewan-hewan kelas vertebrata, seperti ikan, reptil, aves dan mamalia, meskipun tubuh individu dewasanya berbeda, namun fase perkembangan embrionya sangat mirip (lihat pada gambar, urutan paling atas horizontal, embrio dari manusia, hewan memiliki kemiripan).
    6. Bukti Geografis Darwin pernah mendatangi pulau yang berada di Afrika dan Amerika selatan. Darwin menyimpulkan bahwa tanaman yang tumbuh dipulau ini berasal dari biji tanaman yang serupa terbawa oleh air atau angin dari pulau utama ke pulau lainnya. Setelah itu tanaman itu akan berevolusi melalui seleksi alam dan membentuk habitat dipulau tersebut.Ontogeni : perkembangan individu mulai dari sel telur hingga individu tersebut mati.
    7.  Konvergensi, divergensi, dan paralelisme Sejumlah kecenderungan dari suatu organisme berkembang biak dari bentuk asli menuju bentuk lain. Arti konvergensi adalah dua jenis spesies yang tidak berhubungan, namun cenderung memiliki bentuk yang sama. Contoh makhluk kelelawar dan burung keduanya dari spesies yang tidak berhubungan, namum memiliki bentuk dan kemampuan yang sama/sejenis. Divergensi adalah fator utama yang terjadi makhluk hidup dituntut beradaptasi oleh lingkunga, sehingga mengalami evolusi.Paralelisme adanya kecenderungan sejumlah binatang yang terpisah, memiliki asal usul atau nenek moyang yang sama. Dengan kondisi lingkungan atau alam yang sama hanya saja tempat beradaptasinya yang berbeda. Contohnya sejumlah gorila yang terpisah, pada daerah diwawasan ethiopia dan wawasan oriental.(hartosujono,)

    D.    Mekanisme Evolusi
    Evolusi dapat berlangsung karena :
    1.      Mutasi
    Mutasi adalah perubahan materi genetik (gen/kromosom) yang dapat diwariskan secara genetik pada keturunannya. Mutasi ini akan menghasilkan alel baru, kemudian melalui proses perkawinan (kombinasi) akan menghasilkan variasi baru.
    2.      Seleksi Alam
    Seleksi terhadap anggota populasi sehingga anggota yang kuat dan sehat yang dapat bertahan hidup. (teori Darwin : "survival of the fittest"). Dialam ini menurut darwin terjadi beberapa macam, yaitu
    1)      Ketergantungan organisme pada organisme lain.
    2)      Banyak organisme menguasai lingkungannya.
    3)      Alam tidak mendukung keberadaan organisme tersebut.

0 komentar: