KEPRIBADIAN DENGAN PERASAAN BEBAS MENURUT "ROGERS" dalam KESEHATAN MENTAL

Jumat, 20 Desember 2013




Naurmi Rojab Destiya

Pembahasan mengenai kesehatan mental, komponen terpenting adalah kepribadian. Kepribadian ini menentukan bagaimana seseorang berfikir, bersikap dan bertingkah laku. Beberapa hal yang dikemukakan tentang versi “ROGERS” dalam bentuk karakteristik kesehatan mental antara lain “Perasaan Bebas”. Rogers percaya bahwa semakin seseorang sehat secara psikologis ia juga semakin mengalami kebebasan untuk memilih dan bertindak.(hidayat & herdi,2013)
Berdasarkan teori, penulis ingin menambahkan bahwa kepribadian seseorang dapat menentukan perasaan bebas tersebut. Maksud penulis adalah dalam kepribadian seseorang memiliki sikap dan sifat yang berbeda, seseorang yang mempunyai kepribadian optimis mengenai kehidupan dan percaya bahwa masa depannya tergantung pada dirinya dan pasti akan diraihnya. Sedangkan orang yang memiliki sikap pesimis ia akan semakin sulit untuk mempunyai perasaan bebas, ia akan semakin cenderung putus asa dengan dirinya sendiri, menganggap kegagalan adalah hal yang sulit untuk diperbaiki. Hal itu bisa membentuk sifat atau kepribadian yang pesimis, menyendiri, enggan bergaul dan tidak percaya kepada dirinya sendiri bahkan orang lain.
Adapun beberapa orang yang defensif tidak memiliki perasaan bebas.(hidayat & herdi,2013) hal yang dikemukakan oleh  rogers orang yang defensif, dapat memutuskan untuk bertingkah laku dengan cara tertentu, namun tidak dapat mewujudkan pikiran bebas itu kedalam tingkah laku yang aktual.(hidayat & herdi,2013)
Penulis ingin menambahkan orang yang defensif adalah orang yang seperti tidak mau mengakui kelbihan dan kekurangannya. Jadi seperti yang dijelaskan orang defensif mereka mampu tapi terkadang sulit untuk bertindak ataupun berfikir. Tidak optimis dengan kelibihan yang dimiliki dan terlalu pesimis dengan kekurangan yang ia miliki.
Dalam perasaan bebas yang dikemukakan oleh rogers bahwa psikologis yang sehat akan semakin mudah mendapatkan perasaan bebas. Psikologis yang sehat yaitu, tidak sedang dalam masalah  atau orang yang sedang bahagia, dan mereka akan melahirkan perasaan bebas yang berbeda dengan orang yang sedang bermasalah dengan psikologis nya.

Jadi supaya mendapatkan perasaan bebas seseorang diusahakan untuk mempunyai psikologis yang sehat dan memiliki kepribadian yang optimis. Sehingga seseorang tersebut dapat memiliki perasaan bebas yang seharusnya dimiliki oleh setiap orang, untuk mencapai kehidupan dan masa depan yang bahagia.

0 komentar: